Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Pada Sebuah Dokumen

Bermula dari kesulitan yang saya temui saat belajar membuat ebook untuk menomori halaman berbeda-beda pada sebuah dokumen. Awalnya saya browsing kesana kemari, tanya ke temen online juga tapi belum mengerti karena panduannya kurang bisa dipahami dan aplikasi yang dipakai kebanyakan masih ms.office 2007. Memang sih, nggak akan beda jauh kalau yang terbiasa berkutat dengan ms.word. Tapi buat saya hal ini cukup merepotkan. Mengingat saat membuat laporan akhir kuliah dulu, saya membuat satu dokumen dengan file terpisah, misalnya halaman Kata pengantar, daftar isi, daftar istilah dsb menggunakan halaman i,ii, iii, iv dst. menjadi satu file. Kemudian membuat file lagi untuk bagian isi dan menomorinya dengan halaman 1, 2, 3 dst… Belum lagi letaknya tidak selalu di bawah halaman, ada juga yang di atas kanan halaman. Repot pokoknya. Nah, sekarang saya akan membagi sedikit pengetahuan yang saya pelajari selama dua hari terakhir (lama banget ).

Buat yang lagi bikin buku, naskah atau pun laporan dan skripsi semoga posting ini bisa membantu. Langsung aja, ya…

Pertama saya jelaskan dulu di sini bahwa saya membuat contoh 5 halaman, yaitu

  1. Pendahuluan,
  2. Latar belakang,
  3. Permasalahan,
  4. Pembahasan dan
  5. Kesimpulan.

Kemudian saya ingin membuat no.halaman menggunakan i, ii pada halaman pendahuluan dan latar belakang serta membuat no.halaman 1,2 dst pada halaman permasalahan, pembahasan dan kesimpulan. Untuk lebih lanjut anda bisa baca format PDF nya. Download disini. Cara Membuat Halaman Yang Berbeda diWord

Leave a comment