Belajar Desain Grafis

Untuk kawan-kawanku by mr20

Apa kabar semua…belakangan ini banyak teman yang ingin diajarkan tentang desain gerafis, mulai dari Mas Popo dari Medan, Mbak Fitri dan Mas Aflah dari Semarang, Ayonk di Madiun, sampai Mbak Auliyah dari Sidoarjo. Walaupun aku sebenarnya bukan profesional karena baru belajar aku ingin bagi-bagi ilmu kalau dalam islam “Sampaikanlah Walau Satu Ayat”, maka saya akan membantu teman-teman walaupun sedikit paling tidak sebagai stimulus untuk mengembangkan diri dalam dunia grafis.

Sebelumnya aku berterima kasih kepada Mas Hendi Hendratman bukunya cukup bagus and Ariel yang telah banyak membantuku mengenal desain grafis sejak masuk kuliah dulu [menjadikanmu saingan menjadikan aku lebih bersemangat untuk menggali tentang desain grafis.:)].

Bagaimana memulianya ?

Konsep – Media – Idea – Data – Visualisasi – Produksi

Konsep

Adalah hasil kerja berupa pemikiran yang menentukan tujuan-tujuan, kelayakan dan segmen/audience yang dituju. Konsep bisa didapatkan dari pihak non-grafis (politik,ekonomi,hukum budaya dll.).Oleh karena itu desain grafis menjadi desain komunikasi visual karena dapat bekerja untuk membantu pihak yang membutuhkan solusi secara visual.

Media

Untuk mencapai kriteria ke sasaran/segment yang dituju, diperlukan studi kelayakan media yang cocok dan efektif untuk mencapai tujuan. Media ini berupa cetak, elektronik, luar ruang dll.

Idea

Anda harus memiliki ide tentang apa yang akan dibuat. Kita membutuhkan studi banding atau sering-seringlah jalan-jalan melihat panflet, poster, spanduk yang ada dipinggir jalan apa lagi singgah makan nasi goreng pasti tambah seru. Semakin banyak melihat semakin banyak ide (biasanya).

Persiapan data

Pilihlah data-data yang akan kita tampilkan. Jangan sampai hal yang penting kita tidak memunculkan dalam desain, kita harus menyelaksi. Data bisa berupa Informatif atau data Estetis. Data informatif berupa foto atau teks dan judul. Data estetis bisa berupa bingkai, background, efek grafis atau bidang. Alat untuk pengumpulan data seperti kamera digital, scanner, atau internet sangan membantu dalam mendesain.

Visualisasi

Pada tahap visualisasi anda akan memilih beberapa warna, layout, dan finishing untuk menjadikan desain lebih menarik. Visualisasi bisa juga dikatakan sebagai DO’nya (teman-teman ICT Team pasti udah ngerti).:). Bisa juga dikatakan penerapannya atau aksi.

Produksi

Ini dia tahap terakhir setelah selesai. Sebaiknya setelah selesai mendesain sebaiknya di print preview dulu. Jika warna dan desain sudah tidak ada kesalahan berarti sudah siap dicetak dan dipamerkan diteamn-teman.

Itu tadi sedikit tentang bagaiman kita harus memulai desain grafis. Kalo pa’Arnito slalu mengatakan Plan-Plan-Plan :), diatas tadi paling tidak memberikan sebuah kesimpulan bahwa kita harus penuh dengan perencanaan. Kita bisa menggunakan CorelDraw atau Adobe Photoshop. Intinya anda harus berani memulai untuk menghasilkan sesuatu. Walaupun aku sebenarnya saat pertama belajar desain grafis tidak pada tataran teori tapi lebih kepada praktek tapi tidak pernah pakai buku.:)

Maklum mahasiswa dengan dana terbatas itu pun harus menggunakan fasilitas kampus dengan harus mengabdikan ilmu dan tenaga untuk ngebantu adik-adik tingkat dalam mata kuliah.:). Banyak-banyaklah melihat contoh atau meniru karya orang lain, hal ini sangat bermanfaat dalam tataran pemula yang baru belajar asal jangan dikomersilkan (pengalaman : ) and berani bertanya. Selamat mencoba.

Advertisements

2 Responses to Belajar Desain Grafis

  1. uchiwa says:

    uchie ga ngerti desain grafis tapi kayaknya menarik buat dipelajarin..
    uchie suka photosop..
    photosop trmsuk desain grafis juga ga??

    tukisan kaka tentang desain grafis bagus ka….
    klo bisa buat buku ja sekalian..

    ayo Semangat ka…
    hehehehe

  2. leeant says:

    hmm, pantes fotoku dicomment, rupanya master nya nie….
    sklian aja tolong fotoku didesain ya !!
    heehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: