Membuat Awan Kata dengan Wordle

Tak teras hari demi hari, mingu demi minggu, bulan demi bulan, dan tahun demi tahun telah terlewati dan banyak ilmu yang telah saya dapatkan dari orang-orang yang hebat telah saya temui. Ingin seperti meeka semua kayaknya agak sulit dan penuh perjuangan, tapi tetap berusah sedikit demi sedikit. Saya ingin berbagi di tulisan ini tentang bagaimana kita membuat Awa Kata, dulunya saya bisa menggunakan Adobe Photoshop untuk membuat awan kata tersebut tetapi setelah salah seorang teman memperkenalkan Wordle sebagai salah satu pembuat awan kata yang atomatik..waw…fantastis. Pasti susah banyak orang dan website telah membahas wodle ini tetapiĀ  saya juga berusaha membagi ilmu yang telah saya dapatkan. Nah bagaimana caranya..?

Buka Browser anda (Mozzilla, Google Crome, atau Safari) dan ketikkan alamat wordle di web addres www.wordle.com . Setelah mengetikkan alamatnya akan muncul halaman Wordle (lihat gambar dibawah), lalu kli/pilih Create untuk membuat awan kata baru. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini :

Setelah memilih Create maka akan muncul halaman baru dengan kotak teks untuk mengetikkan atau meng Paste kan tulisan anda didalamnya. Akan muncul halaman seperti di bawah ini :

Lalu tuliskan kata-kata yang akan anda inginkan dalam kotak tersebut atau bisa juga Copy-Paste dari tulisan anda.

Setelah anda mengisi kotak tadi, selanjutnya tekan Go untuk membuat awan kata anda. dan akan muncul halaman seperti di bawah ini :

Nah…sekarang anda telah berhasil mebuat Awan Kata anda di Wordle. Anda bisa mengganti Layout/tampilan awakn kata anda dengan meng-Klik Randomize yang dilingkari Hijau pada gambar diatas. Anda juga bisa menganti Lenguage/Bahasa, Font/jenis tulisan, Layout/tampilan dengan fasilitas di toolbar pada kotak merah pada gambar diatas.

Yang perlu anda perhatikan adalah pastikan komputer/laptop anda telah ter-instal Java Runtime, kalau belum ada silahkan download dan instal terlebih dahulu. Silahka klik disini

Selamat mencoba. Jika membutuhkan bantuan silahkan hubungi administrator.

Advertisements

One Response to Membuat Awan Kata dengan Wordle

  1. ismailmajid says:

    thanks komandan dan sy sudah bisa aplikasikan di Myblog hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: