Pengembangan

Menurut Andrew F. Sikula mendefinisikan pengembangan sebagai berikut : “Pengembangan mengacu pada masalah staf dan personel adalah suatu proses pendidikan jangka panjang menggunakan suatu prosedur yang sistematis dan terorganisasi dengan mana manajer belajar pengetahuan konseptual dan teoritis untuk tujuan umum”.

Sedangkan menurut Dr. Nusa Putra, (2013:70) dalam National Science Board “Research And Development: Essensial Foundation For U.S Competitiveness in A Global Economy” menguraikan Pengembangan didefiisikan sebagai studi sistematis dari pengetahun atau pemahaman, diarahkan pada produksi bahan yang bermanfaat, perangkat, dan sistem atau metode, termasuk desain, pengembangan dan peningkatan prioritas serta proses baru untuk memahami persyaratan tertentu.

Berdasarkan definisi yang menjadi rujukan di atas dapat pengembangan merupakan hasil dari tinjauan kontekstual dilapangan yang dilakukan secara sistematis dari pemahaman secara terstruktur yang kemudian mengasilkan sebuah produk yang bermanfaat dan memiliki tujuan yang jelas.

Advertisements

Comments are closed.

%d bloggers like this: