Tentang Aku


3x4MRBABO Blog
atau singkatan dari Muhammad R Babo, Muhammad R adalah nama saya dan Babo adalah nama bapak saya. Saya lebih senang menonjolkan nama beliau (Babo:red), karena selain unik, lebih lagi menghargai jasa-jasa beliau dalam men-support saya detik-demi-detik dan doa-demi-doa.

Blog ini saya buat untuk berbagi ilmu, pengalaman, ide, tantangan, dan hal-hal yang menarik. Sebenarnya blog ini lebih ke arah pengembangan teknologi karena memang kerjaku di bidang ini selain di bidang pendidikan. Tapi saya juga senang dengan photography, senag juga travelling, so tidak apa-apa dimasukin semua soalnya udah pada dikonekkan. 🙂

Nama : Muhammad R Babo

NickName : Kaka Babo

Domisili : Gowa-Makassar

Pendidikan Terakhir : Strata 2 Universitas Negeri Makassar-Pendidikan Teknologi Kejuruan

No. Telepon : 08114112244

Pekerjaan : Direktur Ranah Medai Productions, Aktivis Teknologi dan Pembelajaran Aktif dengan Teknologi + Enterpreneur

Pernah Bekerja di : Staff ICT Assistant Decentralized Basic Education 2 United State of Agency International Development (DBE 2 USAID), MDC (Madrasah Development Center) Australia International Development, Saat ini juga sebagai Trainer PT. Edukasi Satu Nol Satu dalam berbagai program kerja sama dengan perusahaan besar seperti Microsoft, Intel, Facebook, Trakindo, Indosat, dan masih banyak lagi instansi lain.

Riwayat Pendidikan : SDN Labuang Baji I Makassar, SLTP N 27 Makassar, SMK N 2 Makassar (Jurusan Elektronika), Universitas Negeri Makassar (Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika), Pasca-Sarjana Universitas Negeri Makassar, dan Insya Allah akan lanjut ke jenjang berikutnya.

Antara SMK dan SMA

Mengapa harus ke Sekolah Menengah Kejuruan di bandingkan dengan Sekolah Menengah Atas, tak ada paksaan sedikitpun dari orang lain tapi lebih kepada paksaan kepada diri sendiri karena bercita-cita ingin cepat mendapatkan pekerjaan agar tidak lagi membebani orang tua. J (biasa obsesi anak muda). Selain dengan alasan diatas, masuknya di SMK juga karena memang berpikir ada bakat dan hobi membongkar simpan alat eletronik yang ada di rumah. Hal yang menarik dalam dunia elektronika bisa melihat komponen yang sangat kecil di pandang mata sampai masuk toko sana dan sini hanya untuk mencari komponen yang aneh dan sulit didapatkan. Kalau orang bilang elektronika itu bertegangan rendah (tidak sepenuhnya benar), karena di Playback Televisi tegangannya hampir sampai 3000 watt.( gila saya pernah kesetrum waktu service TV).

Kok bisa Elektronika dan Sepak Bola

Berawal dari Piala Dunia 1994 menonton Roberto Baggio melesakkan bola dengan keindahan lekukan dan drible bolanya dan memasukkan bola ke gawang Amerika Serikat. Dari situ sangat ingin menjadi seorang pesepak bola, tapi kata ibu bahwa pe-sepak bola adalah pekerjaan sampingan yang tak di perhitungkan (tapi sekarang buktinya sepak bola merupakan industri yang menjanjikan). Bersamaan dengan sekolah di SMK atas obsesi dari sekolah dasar, mulai masuk klub sepak bola yang berbagai macam, keluar masuk seleksi mulai dari Pra-PON, PopNas, dan seleksi tim Kabupaten yang mungkin aku salah satu orang yang tak diperhitungkan.

Mendaftar di perguruan tinggi Universitas Negeri Makassar Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika, yang pada awalnya tak berniat untuk kuliah, ingin langsung kerja. Tapi garis tangan berkata lain, Allah membawaku ke bangku kuliah, entah dengan keberuntungan atau merupakan bonus dari kerja keras. Lulus tes atau PMJK lebih tepatnya masuk di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika UNM.

Kembali ke sepak bola, ke aktifanku di sepak bola bukan berati saya masuk di jurusan olahraga tapi tetap mengikuti alur air dari SMK. Walaupun kadang orang selalu menganggapku kuliah di Jurusan Olahraga karena lebih sering kelihatan di lapangan hijau dari pada di dalam laboratorium. Semseter 3 aku terdampar di Makassar Utama, klub semi-profesional kota Makassar.  Mengikuti devisi 3 Indonesia dengan berbagai harapan yang sangat tinggi bisa menjajaki klub profesional di devisi utama. Alhasil perjuangan selama beberapa tahun tak terbayar, malah terdepak dari klub Makassar Utama. Putus asa mungkin hal yang menjadi kelemahan saya dan memilih berkonsentrasi pada pendidikan di bangku kuliah saja sampai selesai.

Bidang Keahlian

Networking, Design Grafis, Troubleshooting and Maintenence, Pemelajaran aktif bebbasis teknologi, Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Education), Senior Trainer Intel Teach Education.

Advertisements

18 Responses to Tentang Aku

  1. AULIA DIKMAH says:

    Calm Boy….. baik hati & tdk sombong…… patient boy… cerdas…. enak kalo diajak sharing….. poko’x g nyesel deh punya temen spt mas Riska 🙂

  2. mrbabo says:

    Ah…:) bisa aja Mbak Lia ini. mungkin bisa di tambah Gak Makan Sabun, Gak Makan Bunga tapi Bunga Bank Bisa..:) ha…ha…ha…

  3. uchiwa says:

    uchie setuju ma mba Aulia..
    kk orang na mang asik klo diajak share&ngobrol…
    tambahan gi buat kk,
    tenggang rasa..cinta tanah air..berani berkorban..
    egh tu mah materi pelajaran PPKn..
    hehe..
    kk orangna juga lucu (kya pelawak..)and suka motret&dipotret…

  4. imran says:

    Yang pastinya kaka ini sudah jadi orag kaya…(banyak duit gitu…)
    Hehehe…bagi donnnggg…

  5. mrbabo says:

    bisa aja saudaraku yg satu ini….gak kebalik mas imran, kan udah punya warnet, sukses yah selalu. klo untung warnetnya banyak teraktir donk kami2 ini….btw kapan selesainya bang cepat2 mi…

  6. Zaki says:

    Assalamu’alaikum,,, ckckckc banyak kali sepak terjang mu de,,,,!!! ambil s2 nya jadi dimana????nanti klo ke rumah bang oni lagi,, ajari aku utak atik kompi ya,,,,

  7. mrbabo says:

    Walaikumsalam..insya Allah S2 sementara di usahakan, maybe di Makassar. sambil kerja sambil kuliah.

  8. dhira says:

    ASS.Wr.Wb
    kk itu murah senyum baget………..

  9. shyamsarjani says:

    Ass.wr.wb.
    WOH……….ternyata pak mentor satu ini patik dengan lapangan hijau sayang cita-citax menjadi pemain top ggl, tapi Tuhan memang adil ada saja jalan u ummatx dengan keahlian ICT beliau TOP di PTK-ONLINE……

    • mrbabo says:

      Wlkslm..hahaha. cita-cita tak kesampaian. Tapi gagal itu bukan kekalahan, tapi kadang gagal membuat kita lebih termotivasi untuk berbuat yang lebih baik. Thanks sudah berkomentar bu. kemampuan ICT’nya pak Mentor Kaka Babo biasa-biasa aja, hanya kebetulan lebih duluan tahu dan lakukan. :)..maju terus pendidikan Indonesia…maju terus Sepak Bola Indonesia.

  10. KARMIDAH says:

    assalmualaikum.wr.wb…….pak,,,!!!!!1

  11. arish HB says:

    sob.. tukaran link blogki nah.. sukses selalu..

  12. indrawaty says:

    hay kak sy juga jurusan elektronika unm tapi masih maba , mau nanya klu jurusan elektronika lapangan kerja nya dmna sja yah ?

    • mrbabo says:

      Dear Indrawati
      Terima kasih banyak atas postingan adik. Sama saya juga alumni Pend. Elektronika UNM. Berkaitan dengan lapangan kerja untuk Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika untuk D3 Teknik Elektronika lapangan kerjanya adalah dunia industri dan dunia usaha. Sedangkan untuk S1 Pendidikan Teknik Elektronika akan terjun sebagai guru Teknik Elektronika ataupun Teknik Komputer dan Jaringan bagi yang mengambil kompetensi Komputer. Untuk Mendaftar sebagai CPNS Guru TKJ harus mengambil surat kompeten dari Fakultas. Bahwa kita mampu mengajarkan mata pelajaran TKJ dengan memperlihatkan Transkip Nilai.
      Diatas merupakan lapangan kerja utama bagi lulusan S1 dan D3 Elektronika secara umum. Berkaitan dengan pekerjaan- Indonesia belum sepenuhnya memakai aturan yang sangat ketat untuk kompetensi yang kita miliki. Banyak juga alumni PTA yang bekerja di Pembiayaan- ada di Sales- ada di Industri- ada di Baank banyak pekrjaan yang Mandiri maksudnya membuka usaha sendiri atau wirausaha. Jangan khawatir dengan status anda sebagai Mahasiswa Elektronika.
      Misalnya saja saya selepas dari teknik elektronika (s1) dengan gelar S.Pd. saya menjadi konsultan Pembelajran aktif dan konsultan ICT di NGO International USAID dengan proyek DBE-2. Saya juga berwirausaha dengan membuka Warnet- Laundry- Usaha Fotografi dan Videografi- Training ICT – dan Service alat ICT.
      Silahkan anda mengupdate pengetahuan dan jangan segan-segan melakukan sharing pengetahuan ke rekan anda dan orang lain.
      Jadikan apa yang di kerjakan sebagai ibadah (umum) dan jadikan sharing pengetahuan sebagai sedekah. Kalau saya sebagai orang muslim tidak ada pekerjaan yang bermanfaat itu sia-sia. Satu kebaikan akan dibalas 10 kebaikan..Allah sudah berjanji dan Allah selalu menepati janjinya. Belive me.

  13. Suriadi says:

    Apakah gelar sarjana pendidikan teknik elektro bisa kerja di industri?

  14. Riri says:

    Sblmx maaf yah kak, tp krn kebtlan kk jg ngjar sbgi dosen d gcss unm, jd mau tax.. Gelar diploma dr lulusan gcss apa yah kak? Kbtlan adek sy lulusan sn tp tdak tw gelarx apa. Atau mmg tdak d bri gelar? acara Wisudah jg nggak ada, sbnrx gmna yah? 😦 mslhx kan kasian udah kuliah mahal2.. Tp pas selesai mlah tdak jelas 😦
    Mohon perhtianx yah kak.. Termksh..

  15. Yanuanri.Pr says:

    Halo broo.. 😀

    Weitzz… Sudah lama yaa..:)
    Mmm.. Sekitar 13 tahun sudah tidak berjumpa.. Hehehh

    Bagaimana kabarmu?
    Udah berkeluarga blum yaa?
    Anaknya udah brapa? 😀

    Bisa kulihat, Riska sekarang sudah jadi Dosen bahkan Dosen luar biasa.. Heheh
    Bukan cuma itu, seorang Fotografer juga… Wahh.. Mantap bro.. 😉

    Anak2 lulusan SMKN 2 Mkssr memang hebat2, apalagi mereka yang ada di ruangan Elektronika 2 (E.2).. Heheh

    Teringat sama Fahri, Haeruddin, Juslam, Elmon Naftali Tarukallo… Heheh
    Entah sekarang bagaimana kabarnya mereka semua…

    Harapannya kelak kalau Yang Kuasa berkenan, moga kita semua bisa berkumpul lagi.. 🙂

    Salam dari sobat lamamu,
    Janu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: